Upacara HUT BPK RI ke-73

Manokwari – 20 Januari 2020, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun BPK ke-73, BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat melaksanakan upacara bendera di halaman Kantor yang dilaksanakan pada hari Senin, 20 Januari 2020. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Arjuna Sakir S.E., M.M., Ak.  sebagai Inspektur Upacara.

Kepala Perwakilan dalam sambutannya membacakan pidato Ketua BPK RI, dengan tema “Bersatu Padu, BPK Maju”. Dengan semangat persatuan, setiap unit kerja didorong bersinergi untuk menghasilkan energi besar dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas BPK kedepan. Melengkapi hal itu, BPK juga mengusung slogan dan paket program yang diberi judul “Accountability for All” atau akuntabilitas untuk semua. Secara filosofis, slogan ini bermaksud memperluas makna akuntabilitas, dari bermakna sempit pada akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, diperluas menjadi nilai dan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam sendi kehidupan bermasyrakat, berbangsa dan bernegara.

Beliau mengatakan BPK boleh berbangga karena Akhir tahun 2019 ini ditutup dengan kebanggaan membuncah, dengan keputusan general assembly dari International Maritime Organization (IMO) yang memberikan mandat kepada BPK sebagai auditor eksternalnya. Kebanggaan itu, tidak saja karena untuk mendapatkannya BPK harus berkompetisi dengan negara sebesar Inggris dan Italia, tetapi juga menambah deretan pengakuan internasional, setelah sebelumnya mandat auditor eksternal juga diberikan oleh IAEA (Badan Pengawas Atom) dan IACA (Akademi Anti Korupsi).

Akhir Pidato Beliau juga mengajak semua insan keluarga besar BPK  untuk bersatu padu, saling mendorong, saling menguatkan untuk kemajuan BPK, yang kami yakin kita semua dapat melakukannya. Sebagaimana John C Maxwell katakan : “Everyone has the potential to become an encourager. You don’t have to be rich. You don’t have to be a genius. You don’t have to have it all together. All you have to do is care about people and initiate.”  Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pendorong. Anda tidak harus menjadi kaya. Anda tidak harus menjadi jenius. Anda tidak harus memiliki kesemua itu. Yang harus anda lakukan hanyalah peduli dan mulai mengerjakannya !

Selesai upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan dan pemberian hadiah kepada karyawan terbaik. (SR)

Selamat Hari Jadi BPK ke 73 !